E-logistik merupakan kegiatan-kegiatan
bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service
providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan
jaringan-jaringan komputer (komputer networks) yaitu internet. E-logistik
menjadi suatu bagian penting dalam dunia bisnis saat ini. Berikut akan
dijelaskan definisi e-logistik dari berbagai ahli, struktur, karakteristik,
jenis-jenis, kelebihan dan kekurangan e-logistik.
Definisi
Wei Wang dalam bukunya E-Logistics-The New Trend of Modern Logistics, berpendapat bahwa logistik elektronik adalah proses yang memanfaatkan teknologi web sebagai alat penting untuk mengelola proses logistik keseluruhan atau beberapa sektor dari itu.
Karakteristik Sistem
Berbeda dengan transaksi perdagangan biasa, transaksi e-logistik memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus, yaitu :
- Transaksi tanpa batas.
- Transaksi anonim
Para penjual dan pembeli dalam transaksi
melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. penjual tidak
memerlukan nama dari pembeli sepanjang mengenai pembayarannya telah diotorisasi
oleh penyedia sistem pembayaran yang ditentukan, yang biasanya dengan kartu
kredit.
- Produk barang tak berwujud
Banyak perusahaan yang bergerak di bidang
e-logistik dengan menawarkan barang tak berwujud separti data, software dan
ide-ide yang dijual melalui internet.
E-logistik terdiri atas beberapa jenis-jenis sistem yang sering digunakan, yaitu:
Ada banyak kelebihan yang dimiliki e-logistik, yaitu:
Jenis-jenis Sistem
E-logistik terdiri atas beberapa jenis-jenis sistem yang sering digunakan, yaitu:
- B2B (Business-to-Business)
- B2C (Busniness-to-Consumer)
- C2C (Consumer-to-Consumer)
- B2E (Business-to-Employee)
Kelebihan Sistem
Ada banyak kelebihan yang dimiliki e-logistik, yaitu:
- Mampu melakukan bisnis 24 x 7 x 365. E-logistik dapat beroperasi sepanjang hari setiap hari.
- Akses pasar global. Internet mencakup seluruh dunia, dan mungkin untuk melakukan bisnis dengan orang yang terhubung ke Internet.
- Kecepatan. Komunikasi elektronik memungkinkan pesan untuk melintasi dunia hampir seketika. Tidak perlu menunggu beberapa minggu untuk katalog tiba melalui pos.
- Kesempatan untuk mengurangi biaya. Internet membuatnya sangat mudah untuk 'berkeliling' untuk produk dan jasa yang mungkin lebih murah atau lebih efektif.
Kekurangan
- Privasi, keamanan, pembayaran, identitas, kontrak. Banyak masalah timbul – informasi pribadi, keamanan informasi dan rincian pembayaran, apakah pembayaran rincian (misalnya rincian kartu kredit) akan disalahgunakan, pencurian identitas, kontrak, dan apa hukum dan yurisdiksi berlaku
- E-logistik juga mengurangi kesempatan kerja secara drastis. Konsumen yang sering membeli semakin miskin, yang membunuh usaha kecil dan meningkatkan kesenjangan antara perusahaan kecil dan yang besar.
- Mengembalikan barang. Mengembalikan barang online merupakan suatu kesulitan. Ketidakpastian seputar pembayaran awal dan pengiriman barang semakin lebih buruk dalam proses ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar